cara mudah menghafal Al-Quran

          kali ini paling tokcer ingin sedikit berbagi pengalaman tentang cara menghafal Al-Quranul karim dan tentunya yang kita hafal itu abadi dalam hati kita karena telah menyatu dalam diri.

    Dulunya saya paling gemar menghafal hadist nabawi dan muthalaah tapi giliran menghafal Al-Quran selalu rasanya sangat susah untuk masuknya namun karena saya terus mencoba berbagai cara (try and eror) hingga akhirnya karena pengalaman say menggunakan berbagai metode dapat saya simpulkan bahwasaya menghafal Al-Quran otu sunguh menyenangkan dan memberi ketenangan yang amat mendalam dalam diri kita.

baiklah tidak perlu memperpanjang mukaddimah lansung saja kita memasuki tips atau cara mudah menghafal Al-Quran
syaratnya harus memiliki Quran terjemahan

pertama, 
jauhi segala macam maksiat, karena Al-Quran itu nurnya Allah jadi nur quran itu tidak akan menyatu dengan orang-orang yang melakukan maksiat kepada Allah,  caranya selalu berdoa setelah shalat  untuk dijauhkan dari segala macam maksiat dan minta agar dijahui dari godaan lawan jenis (pacaran) karana pada jaman sekarang pacaran lah tantangan terbesar jadi jika satu hal maksiat ini berhasil kita tinggalkan maka insyaAllah  kita akan terjauhi dari segala macam maksiat. satu lagi jangan pernah meniggalkan shalat, karena taqwa kita kepada Allah lah yang mengikat semua ilmu yang kita dapat.
ingat langkah pertama ini hanya untuk memperlancar bacaan bukan untuk menghafal.

kedua.
baca ayat yang kita hafal itu berulang-ulang kali sampai 10 kali dan ketika membacanya harus sesuai dengan ilmu tajwid, ketika sedah terasa apa yang kita baca itu tidak ada yang salah lagi baik itu dari segi tajwid, makharijul huruf, dll. maka baru boleh melanjutkan metode ketiga

ketiga
pahami arti perayat dan kalau bisa pahami perkata dalam ayat tersebut. setelah kita bebar-benar paham dengan ayat tersebut. coba baca kembali ayatnya dan coba rasakan didalam hati bahwasanya kita memahami ayat tersebut tampa melihat teks terjemahan lagi. dan ketika langkah ketiga ini benar telah bisa diperaktekkan maka baru dibolehkan untuk memasuki langkah keempat

keempat
mulai menghafal ayat tersebut sambil merasakan terjemahannya mengalir dalam pikiran kita, jika belum bisa merasakan terjemahanya maka ulangi ke langkah ketiga.
ambil sikap tenang dan yakinlah sekitar 10 menit kemudian pasti kita telah benar-benar menghafalnya.

cara mudah mengahafal A-quran ini saya tulis bedasarkan pangalaman saya jika sobat tidak cocok dengan metode yang saya sarankan maka saya mohon maaf sebesar-besarnya, dan saya mengharabkan kritik dan sarannya terhadap artikel saya di kolom komentar. biar diperbaiki sehingga mudah dipahami

sekian terima kasih semoga bermangfaat
wasalam salam paling tokcer
Tag : tips n triks
0 Komentar untuk "cara mudah menghafal Al-Quran"

Biasakan diri kita untuk berterimakasih kepada orang yang telah mengajari kita walaupun itu hanya satu ayat
SPAMING AKN DIHAPUS OTOMATIS OLEH ROBOT BLOG INI

Back To Top