IMAM JA’FAR
(80-148 H/699-765 M)
Ja’far
Ash-Shidiq adalah ja’far bin muhammad Al-Baqir bin ali Zainal Abidin Bin Husein
bin Ali Abi Thalib suami Fatimah Az-Zahra binti Rasulullah Muhammad saw. Beliau
dilahirkan pada tahun 80 Hijriah (699 M) ibunyabernama Ummu Farwah binti
Al-Qasin bin Muhammad Abu bakar As-Siddiq. Pada baliau lah terdapat perpaduan
darah nabi muhammad saw dengan Abu Bakar as-siddiq ra.
Beliau
berguru lansung dengan ayahnya Muhammad Al-Baqir di sekolah ayahnya, yang
banyak melahirkan tokoh-tokoh ulama besar islam. Ja’far Ash-shiddiq adalah
seorang ulama bear dalam dalam banyak bidang ilmu, seperti ilmu filsafat,
tasauf, fiqh, kimia dan ilmu kedoktoran. Beliau adalah Imam keenam dari dua
belas imam dalam mazhab Syi’ah Imamiyah. Dikalangan kaum sufi beliau adalah
guru dan shkeh yang besar dan di ahli
kimia beliau dianggap sebagai pelopor ilmu kimia. Di antaranya beliau manjadi
guru Jabir bin Hayyam ahli kimia dan
kedoktoran islam. Dalam mazhab syi’ah , fiqih Ja’fariyah sebagai fiqh mereka,
karena Ja’far Ash Shiddiq dan pada masanya tidak ada perselisihan. Perselisihan dan perbedaan
pendapat baru muncul setelah masa beliau.
Ahli
sunnah berpendapat bahwa Ja’far Ash-shiddq adalah seorang Mujtahid dalam ilmu
fiqh, yan mana beliau sudah mencapai ke tingkat ladunni, beliau dianggap
sebagai sufi ahli sunnah di kalangan seikh-sheikh mereka yang besar, serta
padanya lah tempat puncak pengetahuan
dan darah Nabi Muhammad saw yang suci.
Syahrastani
mangatakan bahwa ja’far Ash-Shiddiq adalah seorang yang berpengetahuan luas
dalam agama, mempunyai budi pekerti yang sempurna serta yang bijaksana, zahid
dari keduniaan, jauh segala hawa nafsu.
Imam
Abu Hanifah berkata: “Saya tidak dapati orang yang lebih Faqih dari pada
Ja’farbin Muhammad”.
George Zaidan bekata; “ Diantara
muridnya ialah Abu Hanifah (wafat 150 H/767 M), Malik bin Anas (wafat 179 H/795
M) dan Wasil bin Ata’ (wafat 181 H/797 M0”. Abu Nuaim mengatakan bahwa diantara
muridnya juga ialah Muslim bin Hajjaj, perawi hadist shahih yang mashur. Bahwa
dalam riwayat lain mengatakan bahwa di Kuffah ,sedikitnya ada 9000 sheikh
belajar kepada beliau di masjid Kufah.
IMAM ABU HANIFAH
(80-150H/699-767 M)
Imam Abu hanifah, pendiri mazhab Hanafi, adalah Abu Hanafiyah
An-nukman bin Tsabit bin Zufi At-tamimi. Beliau masih mempunyai pertalian
hubungan kekeluargaan dengan imam Ali bin Abi Thalib ra. Imam Ali bahkan pernah
berdoa bagi Tsabit, yakni agar Allah memberkahi keturunannya. Tak heran, jika
kemudian dari keturunan Tsabit ini, muncul seorang ulama besar seperti Abu
Hanifah.
Dilahirkan di
Kuffah pada tahun 150 H/ 699 M, pada masa penerinthan Al-Qalid bin Abu Malik, abu
hanifah selanjutnya menghabiskan masa kecil dan tumbuh menjadi dewasa disana,
sejak masih kanak-kanak, beliau telah mengkaji dan menghafal Al-Quran. Beliau
dan tekun senantiasa mengulang-ulang bacaanya, sehingga ayat-ayat suci tersebut
tetap terjaga dengan baik dalam ingatannya, sekaligus menjadikan beliau lebih
mendalami makna yang terkandung ayat-ayat tersebut. Dalam hal memperdalam
pengetahuanya tentang Al-Quran beliau sempat berguru kepada Imam Asin, seorang
U;ama terkenal pada masa itu.
Selain memperdalam
Al-Quran beliau jga aktif mempelajari ilmu fiqh. Dalam hal ini kalangan sahabat
rasul, diantaranya kepada Annas bin mali, Abdullah bin Aufa dan Abu Tufail
Amir, dan lain sebagainya. Dari mereka, beliau juga mendalami ilmu hadist.
Keluarga Abu Hanifah
sebenarnya adalah keluarga pedagang. Beliau sendiri pernah terlibat dalam
perdagangan. Namun hanya sebentar sebelum beliau memuasatkan perhatian pada
soal-soal keilmuan.
Beliau juga
terkenal sebagai orang yanga sagat tekun dalam mempelajari ilmu. Sebagai
gambaran, beliau pernah belajar fiqh
kepada ulama yang paling terpandang pada masa itu, yakni Humad bin Abu Sulaiman,
tidak kurang lebih 18 tahun lamanya. Setelah wafat gurunya, Imam Hanifah
kemudian mengajar di banyak majelis ilmu di Kuffah.
Sepuluh tahun
sepeninggal gurunya, yakni pada thun 130 H. Imam Abu Hanifah pergi meninggalkan
Kuffah menuju Makkah. Beliau tinggal beberapa tahun lamanya disana, dan
ditempat itu pula beliau bertamu dengan salah seorang murid Abdullah bin Abbas
ra.
Semasa hidupnya
Abu Hanifah Terkenal sebagai seorang yang sangat dalam ilmunya, ahli Zuhut,
sangat tawadhu’ dan sangat teguh memegang
agama. Beliau tidak tertarik dengan jabatan-jabatan resmi kenegaraan,
sehingga beliau pernah menolak tawaran sebagai hakim (Qadhi) yang di tawarkan
oleh Al-Mansur. Konon karena penolakannya itu beliau dipenjarakan hingga akhir
hayatnya.
Imam Abu Hanifah
wafat pada tahun 150 H/767 M, pada usia 70 tahun. Beliau dimakamkan di Khizra.
Pada tahun 450 H/1066 M, didirikanlah sebuah sekolah yang diberi nama Jami’ Abu
Hanifah.
Sepeninggal
beliau, ajaran dan ilmunya tetap tersebar melalui murid-muridnya yang cukup
banyak. Di antara murid-murid abu Hanifah yang terkenal ialah Abu Yusuf,
Abdullah bin Mubarrak, waki’ bin Jarah Ibn Hasan Al-Syaibi, dan lain-lain.
sedang diantara kitab-kitab Imam Abu Hanifah adalah : Al-Musuan (kitab hadist
dikumpulkan oleh muridnya), Al-Makharij (buku ini dinisbatkan ke pada Imam Abu
Hanifah, diriwayatkan oleh Abu Yusuf), dan fiqh Akhbar (kitab fiqh yang
lengkap).
IAMAM MALIK BIN ANAS
(93-197 H/712-795M)
Imam Malik bin
Anas, pendiri mazhab Maliki, dilahirkan di madinah pada tahun 93 H. Beliau
berasal dari Kablah Yamniyah. Sejak kecil beliau telah rajin menghadiri
majelis-majelis ilmu pengetahuan, sehingga sejak kecil beliau telah hafal
Al-quran, tak kurang dari itu ibundanya sendiri mendorong Imam Malik untuk
senantiasa menuntut ilmu.
Pada mulanya
beliau belajar dari rabiah, seorang ulama yang sangat terkenal pada waktu itu.
Selain itu, beliau juga mendalami ilmu hadis kepada Ibn Syihab, disamping juga
mempelajari ilmu fiqh kepada para sahabat.
Kerena
ketekunannya dan kecerdasannya, Imam Malik tumbuh sebagai ulama yang terkemuka,
terutama dalam bidang ilmu hadist dan fiqh. Bukti atas hal itu, adalah ucapan
Al-Dahlami ketika ia berkata: “Malik adalah seorang yang paling ahli dalam
bidang di Madinah, yang paling mengetahuii tentang keputusan-keputusan Umar,
Aisyah ra dan sahabat-sahabat mereka, atas itu lah beliau memberi fatwa.
Apabila diajukan kepada suatu masalah, dia menjelaskan dan membari fatwa”.
Setelah mencapai
tingkat yang tinggi dalam bidang ilmu itulah, Imam Malik mulai mengajar, karena
baliau marasa memiliki kewajiban untuk membagi pengetuannya kepada orang lain
yang membutuhkan.
Meski begitu belia
dikenal sangat berhati-hati dalam memberi fatwa. Beliau tidak lupa untuk
terlebih dahulu meneliti hadist-hadist Rasulullah saw, dan bermusyawarah dengan
ulama lain, sebelum kemudian memberi fatwa atas suatu masalah. Diriwayatkan,
bahwa beliau memiliki tujuh puluh orang yang biasa diajak bermusyawarah untuk
mengeluarkan suatu fatwa.
Imam Malik dikenal
memiliki daya ingat yang kuat. Pernah, beliau mendengar tiga puluh hadis dari
Ibn syihab tampa menulisnya. Dan ketika diminta kepadanya untuk mengulagi
seluruh hadist tersebut, tak satu pun dilupakannya. Imam Malik benar-benar
mengasah ketajaman daya igatannya, terlebih lagi karena pada masa itu masih
belum terdapat suatu kumpulan hadist secara tertilis. Kerenanya karunia
tersebut sangat menunjang beliau dalam menuntut ilmu.
Selain itu, beliau
dikenal sangat iklas dalm melakukan sesuatu. Sifat inilah kiranya yang membari
kemudahan kepada beliau dalm mengkaji ilmu pengetahuan. Beliau sendiri pernah
berkata : “ilmu itu adalah cahaya ia akan mudah dicapai dengan hati yang taqwa
dan khusyu’”. Beliau juga menasehatkan untuk menghindari dari sifat keraguan,
ketika beliau berkata: “sebaik-baik pekerjaan yang jelas. Jika engkau
menghadapi dua hal, dan salah satunya meragukan, maka kerjakan yang labih
meyakinkan menurutmu.
Karena sifat
ikhlasnya yang besar itu, maka Imam Malik tampak engkan memberi fatwa yang
berhubungandengan soal hukuman. Seorang muridnya, Ibn Wahab berkata: “saya
mandengar Imam Malik (jika ditanya mengenai hukuman) beliau berkata: “ini
adalah urusan pemerintahan,” Imam Syafi’i pernah berkata: “ketika aku tiba di
Madinah, aku bertemu imam Malik. Ketika mendengar suara ku bliau memandangku
beberapa saat, kemudian bertanya siapa namamu? Akupun menjawab muhammad! Ia
berkata lagi : Wahai muhammad bertaqwalah kepada Allah, jahuilah maksiat karena
ia akan membebanimu terus, hari demi hari”.
Tak pelak, Imam
Malik adalah seorang ulama yang terkemuka, terutama dalam ilmu hadist dan fiqh.
Beliau mencapai tingkat sangat tinggi dalam kedua ilmu tersebut, Imam Malik
bahkan telah menulis kitab Al-Muwatha’ yang merupakan kitab hadis dan fiqh.
Imam Malik
meninggal pada tahun 86 tahun. Namun demikian mazhab maliki tersebar luas dan
dianut dibanyak bagian di seluruh penjuru dunia.
IMAM SYAFI’I
(150-204 H/769-820 M)
Imam Syafi’i yang
sebagai pendiri mazhab Syafi’i adalah: muhammad bin Idris Asy-Syafi’i
Al-Quraisyi. Beliau dilahirkan di Ghazzah. Pada thun 150 H, bertepatan dengan
wafatnya imam Abu Hanafiyah.
Meski dibesarkan
dalam keadaan yatim dan dalam suatu keluarga miskin, tidak menjadikan beliau
rendah diri, apalagi malas. Sebaliknya, beliau lebih giat mempelajari hadist
dari ulama-ulama hadist yang banyak terdapat di Makkah. Pada usianya yang masih
kecil beliau juga telah hafal Al-Quran.
Pada usianya yang
ke-20, beliau meninggalkan Makkah mempelajari ilmu fiqh dari Imam malik. Merasa
masih harus memperdalam ilmu pengetahuannya, beliau kemudian pergi ke Iraq,
sekali lagi mempelajari fiqh, dari murid Imam Abu Hanafiyah yang masih ada,
salam perantauannya tersebut, beliau juga sempat mengunjungi Persia, dan
beberapa tempat lain.
setelah wafat Imam
Malik (197 H). Beliau kemudian pergi ke Yaman, memetap dan mengajarkan ilmu
pegetahuannya di sana, bersama Harun Ar-Rasyid, yang telah mandengar kehebatan
beliau, kemudian meminta beliau untuk datang ke Baghdad. Imam Syafi’i memenuhi
undanaga tersebut, sejak sata itu beliau dikenal secara lebih luas, dan banyak
orang belajar kepadanya. Pada waktu itulah beliau mulai dikenal.
Tak lama setelah
itu, imam Syafi’i kembali ke Makkah dan mengajar rombongan jamaah haji yang
datang dari berbagai penjuru. Melalui mereka inilah mahab Syafi’i menjadi
tersebar luas ke penjuru dunia.
Pada tahun 198 H beliau
pergi ke negri Mesir. Beliau mengajar di masjid Amru bin As, beliau juga
menulis kitab Al-Um,, Amali Kubra, kitab Risalah, Usulul Fiqh. Dan
memperkenalkan Waul Jadid sebagai mazhab baru. Adapun dalam hal menyusun kitab
Ushulul Fiqh, Imam Syafi’i dikenal sebagai orang pertama yang mempelopori
penulisan dalam bidang terseut.
Di Mesir ini lah
Imam Syafi’i terakhir wafat, setelah menyebarkan ilmu dan mangfaat bagi orang
banyak. Kitab-kitab beliau masih dibaca sampai sekarang, dan makam baliau di
Mesir sampai detik ini masih ramai yang di ziarahi orang. Sedang murid-murid
beliau yang terkenal ialah Muhammad bin Abdullah bin Al-Hakam, Abu Ibrahim bin
Ismail bin yahya Al-Muzani, Abu Ya’qub Yusuf bin Yahya Al-Buwaiti dan lain
sebagainya.
IMAM AHMMAD HAMBALI
(164-241 H/ 780 – 855 M)
Imam Ahmad Hambali
adalah Abu Abdullah bin Muhammad bin Hambal bin Hilal Al-Syaibani. Beliau
dilahirkan di Baghdad pada bulan Rabiul Awal tahun 164 H (780M).
Ahmad bin Hambal
dibesarkan dalam keadaan yatim oleh ibunya, karena ayahnya meninggal ketika
beliau masi bayi, sejak kecil beliau telah menunjukkan pribadi yang mulia,
sehingga menarik simpati banyak orang. Dan sejak kecil itu pula beliau telah
menunjukkan minat yang besar dalam ilmu pengetahuan, kebetulan pada saat itu
Baghdad merupakan kota pusat ilmu pengetahuan. Beliau belajar dengan mulai
menghafal Al-Quran, kemudian belajar bahasa Arab, Hadist, sejarah Nabi dan
sejarah sahabat serta para tabi’in.
Untuk memperdalam
ilmu beliau pergi ke Basrah untuk beberapa kali, disanalah beliau bertemu Imam
Syafi’i. Beliau juga pergi menuntut ilmu ke Mesir dan Yaman. Diantara guru
beliau yang lain adalah Yusuf Al-Hasan bin Ziad, Husyaim, umair, Ibn Human dan
Ibn Abbas. Imam Ahmad bin Hambal banyak mempelajari dan meriwayatkan Hadist,
dan beliau tidak mengambil hadist, kecuali hadist-hadist yang sudah jelas
sahihnya. Oleh karena itu, akhirnya beliau berhasil mengarang kitab hadist,
yang telkenal dengan nama Musnad Ahmad Hambali. Beliau mulai mengajar ketika
berusia enpat puluh tahun.
Pada masa
pemerintahan Al-muktasim-Khalifah Abasiah beliau sempat dipenjara, karena
sependapat dengan opini yang mengatakan bahwa Al-Quran adalah makhluk. Beliau
dibebaskan pada masa Khalifa Al-Mutawakkil.
Imam Ahmad Hambali
wafat di Baghdad pada usia 77 tahun, atau tepatnya pada 241 H (855M) pada masa
pemerintahan Al-Wathiq. Sepeninggal beliau, mazhab hambali berkembang luas dan
menjadi salah satu mazhab yang banyak memiliki penganut.
Tag :
fiqh lima mazhab
0 Komentar untuk "Biografi Lima Imam Mazhab FIqh"
Biasakan diri kita untuk berterimakasih kepada orang yang telah mengajari kita walaupun itu hanya satu ayat
SPAMING AKN DIHAPUS OTOMATIS OLEH ROBOT BLOG INI